memang tidak bisa dibuat begitu saja. Bagi Anda yang termasuk newbie menggunakan program e-mail marketing, konsultan marketing dunia, Al Bredenberg, mengungkapkan ada langkah yang perlu dijalankan untuk mencapai kesuksesan mengirim email marketing.
Langkah yang dimaksud Al Bredenberg adalah sebagai berikut:
1. Perencanaan
Email marketing mudah dibuat jika memiliki perencanaan yang baik. Email promosi atau email marketing yang ditujukan langsung pada calon pembeli, sebenarnya serupa dengan media promosi lain. Dibutuhkan perencanaan pengiriman yang detil, menggunakan basis perencanaan marketing dalam bisnis yang Anda lakukan. Secara tidak langsung, perencanaan pengiriman email marketing adalah bagian dari perencanaan marketing secara keseluruhan.
2. Menentukan Bentuk Tawaran
Email marketing mudah dan menyenangkan dibaca penerima atau calon pembeli, ketika Anda dapat membuat harga diskon bagi pembeli yang melakukan transaksi dalam masa promo tertentu. Atau Anda bisa menawarkan harga premium, seperti “beli satu, gratis satu”. Apapun yang Anda tawarkan, semua itu harus menarik calon pembeli.
3. Kreatif
Apapun media promosi yang Anda buat, pasti membutuhkan konsep, desain, dan format. Sangat sulit untuk menyatakan bagian yang satu lebih penting dari yang lain, karena masing-masing bergantung pada daftar penerima email yang Anda tuju. Jadi, pengiriman email marketing mudah dicapai bila Anda menekankan kreatifitas.
4. Pengujian
Sebelum mengirim email, ada baiknya Anda melakukan pengujian terlebih dahulu. Mungkin pengujian ini bisa Anda lakukan terhadap teman – teman Anda dan setelahnya meminta pendapat dari mereka. Pengujian ini sangat penting karena dapat membantu Anda mengoreksi sesuatu apabila ada kekurangan bahkan kesalahan.
Setelah Anda selesai menjalankan langkah – langkah diatas, terdapat 4 tambahan langkah lain yang perlu Anda lakukan, gunanya untuk mengevaluasi pengiriman newsletter tersebut. Langkah – langkah ini tentunya untuk menunjang keberhasilan email marketing.
1.Menganalisis Hasil Pengiriman
Anda harus menganalisis hasil pengiriman email marketing. Hasil analisis tersebut dapat menjadi dasar pengembangan konten promosi di kemudian hari.
2.Optimasi Penerimaan
Hasil pengiriman email marketing mudah Anda kenali dan mudah dianalisis ketika jumlah penerima, jumlah yang membuka, jumlah yang mengklik link, dapat tercatat seluruhnya. Data-data ini sangat berkorelasi dengan penambahan jumlah kunjungan pada website, maupun pada penjualan produk. Mudahnya, jika email marketing yang Anda kirimkan hanya dibuka sekitar 10 orang dari 500 orang yang ditargetkan, maka langkah pertama yang harus Anda tempuh adalah mengganti judul email dengan judul yang lebih menarik.
3.Fluktuasi Penerimaan
Pengiriman rutin dari sebuah email marketing, mudah membuat pembacanya bosan – tetapi bukan berarti mereka tidak lagi berminat terhadap informasi yang Anda tawarkan. Jadi, sebaiknya Anda juga memperhatikan faktor-faktor lain yang mungkin muncul dari pengiriman email marketing. Anda juga dapat menentukan kemungkinan
penurunan penerimaan email marketing berdasarkan masa libur sekolah, libur akhir pekan, sampai libur hari raya.
4.Tindak Lanjut
Tindak lanjut akan diperlukan setelah Anda menerima hasil analis dari pengiriman email marketing. Jika Anda sudah mendapat respon positif dari pengiriman email marketing, segera tindak-lanjuti dengan mengirim email secara khusus untuk mendapat hasil yang lebih spesifik, atau sampai klien Anda membeli produk yang ditawarkan. Email marketing? Mudah bukan?
Sumber : blog.bukatokoonline.net