Kamis, 24 Maret 2011

Kelebihan dan kekurangan RAM DDR3

RAM DDR3 sekarang sudah mulai banyak diproduksi. Pabrikan RAM terkenal seperti visipro, corsair dan kingston sudah mulai berlomba-lomba memproduksi RAM DDR3 ini. Sebenarnya walaupun merupakan generasi terakhir, RAM DDR3 tentunya memiliki beberapa kekurangan disamping kelebihan yang memang sengaja dibuat oleh para pembuatnya guna memaksimalkan kinerja dari komputer. Dalam kesempatan ini saya akan sedikit sharing mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari RAM DDR3, simak terus artikel berikut.

Kelebihan RAM DDR3

Performa dari RAM DDR3 meningkat dan jauh lebih baik dibanding dengan RAM DDR2 dikarenakan teknologi yang ada pada DDR2 sudah lebih disempurnakan pada DDR3 dan juga ada beberapa teknologi baru yang ditambahkan. Bandwidth lebih tinggi (sampai dengan 1600 MHz) mampu mentransfer data dengan clock efektif 800-1600 MHz. Pada clock 400-800 MHz, jauh lebihtinggi dibandingkan DDR2 sebesar 400-1066 MHz (200-553 MHz) dan DDR sebesar 200-600 MHz (100-300 MHz).

Daya yang diperlukan juga berkurang dibandingkan dengan DDR2. Jika DDR2 memerlukan daya 1.8v untuk bisa bekerja, DDR3 hanya memerlukan daya 1.5v sehingga sangat menguntungkan bagi penggunaan laptop yang daya utamanya dari baterai sehingga lebih tahan lama. (DDR2 1.8v & DDR3 1.5v)

Memungkinkan beberapa kepadatan tinggi, rendah tegangan modul pilihan untuk server, desktop, notebook dan aplikasi.

Kekurangan RAM DDR3

Modul memori DDR3 tidak kompatibel untuk motherboard berbasis DDR2. meskipun memiliki jumlah pin yang sama, panjang yang sama namun notch antara kedua RAM tersebut berbeda. Begitu juga mobo yang support masih langka di pasaran

Mempunyai CAS Latency yang lebih tinggi dibandingkan generasi pendahulunya sebagai kompensasi dari tingginya bandwidth.

Memiliki mesin pendingin (cooler) yang lebih bagus dikarenakan DDR3 bekerja pada kecepatan yang lebih tinggi dari DDR2 (clock efektif 800-1600MHz)

Sampai saat ini, harga DDR3 SDRAM cukup tinggi. Perbandingan harga yang cukup mencolok antara DDR3 dan DDR2. Hal ini dikarenakan selain teknologi yang dimilikinya tergolong baru juga jumlah produksinya yang masih minim. Motherboard yang mendukung RAM jenis DDR3 ini juga masih sedikit di pasaran, praktis hanya pabrikan besar saja yang sudah mendukung RAM jenis ini. Sebagai perbandingan harga, DDR3 kurang lebih 2.5x lebih mahal dari DDR2.

Demikian sharing singkat saya, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih


Sumber : www.artikelkomputer.net