Jumat, 18 Maret 2011

Apa yang dimaksud dengan E-book ?

Apakah yang dimaksud dengan Ebook ?
Menurut wikipedia, E-book berasal dari singkatan electronic book, atau E-book, dikenal juga sebagai buku digital, merupakan e- teks yang berbentuk media digital dan kadang dilindungi dengan hak cipta digital. E-book bisa berbentuk file pdf, word, html, text dll. 

Tetapi yang lebih dikenal, biasanya E-book berbentuk file pdf yang dapat dibaca dengan program seperti acrobat reader yang dapat di download sebelumnya secara gratis.

Dengan hadirnya E-book ini, maka para pembaca dimudahkan untuk tidak menyimpan buku-buku favoritnya dalam bentuk fisik (buku konvensional) dan juga memudahkan bagi para penulis dalam menyebarkan tulisan-tulisannya, karena melalui E-book ini seseorang tidak perlu datang ke penerbit hanya sekedar menginginkan tulisannya dapat diterbitkan. Apabila seorang penulis ingin menjual atau mempublikasikan tulisan-nya dengan adanya e-book ini merupakan salah satu jalan pintasnya dan ini berlaku juga bagi para pembaca atau pencari ilmu di internet.

Bentuk file e-book yang  paling popular biasanya dibuat dalam bentuk .pdf dimana pembuatannya menggunakan program seperti  Pdf955 , PrimoPDF, PDFCreator , CutePDF Writer, OpenOffice dll, yang mana yang lebih user friendly ? itu tergantung pada Anda sendiri tentunya dengan memperhitungkan kebutuhan fitur-fitur yang akan digunakan. Kelebihan file .pdf ini menurut saya pribadi ukurannya filenya kecil bahkan dapat dioptimasikan untuk image-image yang di-embed di dalamnya, nyaman dibaca/diprint, dan yang paling penting ada fasilitas setting menggunakan kode sandi baik dalam pembacaan, editing, ataupun untuk dicetak.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda semua.
Terimakasih

Sumber : www.tentang-komputer-internet.co.cc