Minggu, 20 Maret 2011

Serangan Udara Sekutu ke Libia Tewaskan 48 Jiwa


Serangan Udara Sekutu ke Libia Tewaskan 48 Jiwa REUTERS/Alessandro Bianchi/wt
TRIPOLI--MICOM: Televisi pemerintah Libia melaporkan 48 orang tewas dan 150 lainnya cedera akibat serangan udara sekutu. Serangan baru masih terjadi di Tripoli, Minggu (20/3) pagi.

Pasukan Barat menghantam sasaran-sasaran di sepanjang pantai Libia, Sabtu, dengan menggunakan serangan udara dan laut terhadap pasukan Moamar Khadafi agar melakukan gencatan senjata dan menghentikan serangan terhadap penduduk sipil.

Stasiun televisi CBS News di laman internetnya, Minggu, mengatakan, tiga pembom siluman AS B-2 menjatuhkan 40 bom di satu lapangan udara penting Libia yang tidak disebutkan namanya. Seorang juru bicara Pentagon mengatakan pihaknya tidak memperoleh informasi tentang serangan itu.

Pesawat-pesawat tempur Prancis melancarkan serangan pertama dalam intervensi militer internasional terbesar di dunia Arab sejak invasi di Irak pada 2003 menghancurkan banyak tank dan kendaraan lapis baja di daerah Benghazi, pangkalan pemberontak di Libia timur.

Beberapa jam kemudian kapal-kapal perang Amerika Serikat dan Inggris dan kapal-kapal selam menembakkan 110 rudal Tomahawk ke pertahanan udara sekitar ibu kota Tripoli dan kota Misrata di daerah barat yang dikepung pasukan Khadafi, kata para pejabat militer AS.

Mereka mengatakan, pasukan AS dan pesawat-pesawat tempur bekerja sama dengan Inggris, Prancis, Kanada, dan Italia dalam operasi 'Fajar Odyssey'. Khadafi menyebutnya agresi penjajahan, salib.

Sumber : www.mediaindonesia.com