Kamis, 17 Maret 2011

Banjar Kemuning: Dari Wisata Mancing, Kuliner, Hingga Arung Laut

Tak banyak yang tahu, jika di Sidoarjo memiliki  tempat wisata minat khusus yang banyak dikunjungi para penghobi mancing.
Namun, patut disayangkan Banjar Kemuning masih belum dilirik oleh pemda Sidoarjo untuk dikembangkan lebih serius

wartapedia : Bagi penggila wisata memancing, mungkin tempat yang satu ini bisa menjadi inspirasi untuk menjajal kegemaran memancing yang Anda punyai. Ya, nama tempat itu adalah Banjar Kemuning. Sebuah tempat pertambakan di ujung timur laut Kabupaten Sidoarjo.

Untuk mencapai lokasi ini, tidak cukup susah. Bahkan orang yang tidak mengenal medan sekalipun, tempat ini tidaklah sulit untuk dijangkau.
Pasalnya, hanya sekitar satu jam saja ke arah timur dari Kota Kecamatan Gedangan daerah tujuan  sudah terjangkau.

Apa saja yang ditawarkan dari wisata pemancingan ini? Disini pengunjung tidak saja dapat memancing ikan yang khas tambak, malainkan juga bisa mendapatkan aneka jenis ikan yang langsung didapat dari laut lepas (fresh).

Pasalnya, tempat wisata ini tidak jauh dari selat Madura. Untuk memancing, fish mania tidak begitu sulit mendapatkan tempat yang menyediakan tempat pemancingan. Rata-rata tambak-tambak yang ada disepanjang jalan di Desa Banjar Kemuning menawarkan kesempatan memancing. Mulai dari ikan Mujair hingga Bandeng.

Ikan-ikan yang bisa didapatkan adalah lobster, bawal, udang, cumi, kepiting, dll dengan harga yang lebih murah. Seperti lobster. Lobster dipasar ini bisa diperoleh dengan harga 60 ribu rupiah per kilogram





Seperti umumnya tempat pemancingan, pengunjung dikenakan biaya yang harganya ditentukan dari berat ikan yang diperoleh (system timbang per kg).
Seperti yang dikatakan Ummul, salah seorang cewek yang kebetulan saat itu sedang asyik memancing. Ia megatakan wisata atau tempat pemancingan di sini (Banjar Kemuning) tergolong wisata yang murah meriah.
Pasalnya, lokasinya lokasi yang tergolong umum, tidak ada tiket masuk, biaya parkir, dll.
“Disini bisa langusng mancing, dapat, trus bayar, gitu aja. Tidak ada biaya lain seperti masuk lokasi, parkir, dll. Lha wong sepedanya bisa ditaruh dekat saya kok”, akunya.

Namun kita harus jeli-jeli untuk mencari mana tambak atau lokasi yang memiliki banyak ikan. Pasalnya tidak semua tambak memiliki banyak ikan. Untuk mengetahui ini tipsnya gampang saja. Kita hanya mencari dimana orang banyak megerombol atau memancing. Ini dipastikan loaksi tersebut banyak ikannya.

Selain memancing, pengunjung di Banjar Kemuning ini bisa juga mendapatkan ikan-ikan laut yang masih segar atau fresh. Ikan-ikan ini bisa didapatkan dari pasar yang tidak jauh berada didekat lokasi pemancingan. Selain itu, pengunjung juga bisa langsung memanfaatkan jasa pemanggangan yang ada untuk mengkonsumsi ikan yang didapat.

Selain wisata mancing dan kuliner panggang ikan, pengunjung juga bisa menikmati wisata laut lepas dengan menyewa perahu yang disediakan para pengojek perahhu yang ada disekitar pasar. Untuk ini Anda bisa mendapatkan layanan dengan harga yang lebih dahulu disepakati.

Read more: Banjar Kemuning: Dari Wisata Mancing, Kuliner, Hingga Arung Laut

Sumber : www.wartapedia.com